Selasa, Februari 5

Mathematic is my Destiny

olehh Yulia Gustina Nasrul di 2/05/2013 02:48:00 AM




:h: Hai teman2 semua, gimana nih kabarnya?? Makasih banyak karena udah meluangkan waktu berharga anda untuk mampir di blog gue ini. Buat yang masih SMA, semangat belajarnya n semoga mendapat nilai yang baik. Buat yang udah kuliah, apa kalian betah sama jurusan yang kalian pilih? Buat yang udah kerja, working hard aja. Semoga pekerjaan anda diridhoi Allah SWT. Amiin ya Rabbal’alamiin. Oh iya, buat yang udah kerja, share pengalamannya dooong tentang jurusan yang dipilih ketika kuliah dulu..

Gue sering mempertanyakan, kenapa Matematika menjadi pilihan pertama gue ketika pengisian jurusan yang dipilih saat memasuki universitas? Gue sendiri bingung, seolah waktu itu otak gue hanya terpatok sama matematika aja. Padahal masih banyak jurusan yang lain seperti (hanya bagian sains aja ya): Biologi, fisika dan kimia. Jurusan yang lain misalnya seperti: Farmasi, semua jurusan dibagian kesehatan, teknik industri, teknik lingkungan, pertanian, peternakan, dll. Banyak alasan yang mungkin masuk logika kenapa pilihan gue hanya Matematika. Pertama, karena memang gue suka matematika sejak SD. Kedua, karena guru kesayangan gue adalah guru Matematika. Ketiga, karena nilai paling bagus gue terletak pada Matematika. Keempat, karena jurusan sains yang gue tahu waktu itu hanya matematika dan IPA aja. Gue rasa, takdir mempertemukan gue dengan Matematika dengan memberikan empat alasan tersebut

:n: Setelah masuk jurusan Matematika, hal yang pertama kali gue rasain adalah ‘kaget’. Memang tak se-kaget Archimedes menemukan hukum tentang benda cair sih. Juga tak seperti Fibonacci menemukan angka rasio emas, tapi kaget gue ini hanya membuat shock aja. Gue ngira bahwa kuliah itu enak, gampang, sesuka gue, eh taunya 100 % beda dari yang gue bayangkan. Lebih dari masalah enak ato ga-nya, pelajaran tentang matematika membuat gue mati rasa. Rumit, ga ngerti, bikin pusing. Jauh beda dari pelajaran SMA, sejauh matahari dan Pluto saat aphelium. Ga ada yang gue ngerti.

:a: Gue merasakan penyesalan yang teramat dalam. Sepertinya gue salah masuk jurusan. Kenapa harus Matematika? Lama mikir, akhirnya gue mutusin buat pindah jurusan ke Biologi. Kendala lagi di sini, ngurus pindah itu susah banget. Kalo ga ngurus, gue harus ngulang SNMPTN lagi, berjuang lagi, trus kalo ga lulus, gue ga kuliah dong. Minta saran, konsultasi sama dosen PA (Pembimbing Akademik), kesimpulan yang gue dapat, jalani aja selama setahun ini, kalo emng ga cocok, baru pikirin gimana cara selanjutnya. Gue ikuti saran itu.
Cukup lama beradaptasi untuk bisa berbaur dengan matematika. Akhirnya gue ngerasain kalo matematika itu indah. Gue ngerasain kalo matematika itu asyik kayak lagunya Ayu Tinting. Setelah gue pikir pake logika, gue percaya kalo Mathematic is my destiny. Dari semua keribetan yang diberikannya, tersembunyi keindahan yang berkorelasi dengan hidup. Dan gue mulai menyukai itu.
Pesan gue buat teman2 semua, apa pun jalan yang kamu tempuh saat ini (selagi masih di jalan yang benar) yakinlah kalo itu jalan terbaik untuk kamu. Yakin kalo apa yang kamu lakuin itu ga bakal sia-sia. Cayyoo...

0 comment:

 

Tanpa Nama Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei