Rabu, April 10

Friendship

olehh Yulia Gustina Nasrul di 4/10/2013 12:52:00 AM





Banyak banget kita temukan pembahasan-pembahasan tentang arti dari kata ‘sahabat’, ato dengan kata lainnya ‘friendship’, niru bahasa negara seberang, ato ‘best friend’, juga niru bahasa tetangga. Namun kesimpulannya hampir sama. Makna sahabat yang sebenarnya hanya dapat didefenisikan oleh mereka yang memiliki sahabat. Artinya, makna sahabat untuk setiap orang itu berbeda-beda. Tak terkecuali gue.
:m: :n:
            Menurut gue sendiri, sahabat itu seperti setangkai bunga. Tanpa tangkai, bunga itu tak kan indah. Dan tanpa bunga, tangkai pun tak ada artinya. Ato juga bisa diibaratkan kayak makan donat (Roti + coklat). Kalo hanya makan rotinya aja, pasti yang dirasain cuma hambar. Tapi kalo udah dikasih coklat, satu mana cukup. Ato juga bisa seperti ini, seperti pena sama kertas putih. Kalo kertasnya ga ditulis sama pena, ia akan tetap putih selamanya. Paling hanya berdebu dan kusam. Kertas itu tak kan dihiasi oleh cerita-cerita indah. Noktah. Kosong.
            :i: Maksud dari perumpamaan gue di atas, sahabat itu adalah sebuah subjek yang saling melengkapi. saling berbagi. Saling memberi. Sahabat itu saling mengerti dan saling memahami. Kenapa ya gue selipin kata ‘saling’? rasanya ga mungkin kita punya yang namanya sahabat, kalo hanya kita yang dimengerti, trus yang ngertiin dia siapa? Rasanya mustahil akan bertahan lama persahabatan itu bila yang dipahami hanya satu pihak saja. Ga ada katerikatan kalo seperti itu. Enaknya loe ajaaa...
            :h: Kalo kita punya sahabat, kita harus sama-sama ngerti. Jangan bilang ‘sahabat’ bila kamunya ingin dimengerti tapi kamu ga ngasih kode jika kamu ingin dimengerti. Memang benar, gue juga pernah dengar, seorang sahabat itu akan tau apa yang kita rasakan. Tapi tidak semuanya loh. Mereka mengerti karena kita menunjukkan tanda-tanda kalo ingin dimengerti.
            Intinya, kunci dari kata sahabat itu adalah ‘saling’. Kalo udah seperti itu, barulah kamu dan dia bisa dikatakan sebagai sahabat. Terlepas dari kata ’sahabat’, gue coba sedikit untuk share, bahwa tidak semua sahabat itu baik. Kalo dia ngajak kamu untuk melakukan hal-hal yang jelek kayak nyontek, mencuri, cabut, dsb, berarti dia bukan sahabat yang baik untuk kamu. Menurut apa yang pernah gue baca, sahabat itu, “Dan dua orang yang saling mencintai karena Allah, berkumpul karena-Nya dan terpisah karena-Nya”. Please, be a best friend for your self n your friends.
:n: :b: :m:

0 comment:

 

Tanpa Nama Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei